Pengaruh Penambahan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Pada Level Yang Berbeda Terhadap Kualitas Fisik Urea Molases Blok (UMB)

Authors

  • Dwiky Yusuf a:1:{s:5:"en_US";s:19:"Universitas Rokania";}
  • wenni POLITEKNIK NEGERI TANAH LAUT
  • Lulu
  • Rahmat Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor

DOI:

https://doi.org/10.34128/jpb.v3i1.29

Keywords:

Molases, Urea, UMB, Tanaman Obat Keluarga

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh tanaman obat keluarga (TOGA) pada urea molases blok (UMB) kualitas fisik meliputi aroma, tekstur, warna dan kekerasan. Manfaat penelitian adalah memberi informasi kualitas fisik pada UMB yang diberi tambahan TOGA dengan level yang berbeda. Penelitian ini akan dilaksanakan di Laboratorium Mutu Pakan Program Studi Teknologi Pakan Ternak Politeknik Negeri Tanah Laut. Rancangan percobaan yang digunakan yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan yang digunakan dalam penelitian yaitu P1 : (UMB + 0,8% TOGA), P2 : (UMB + 1,6% TOGA), P3 : (UMB + 2,4% TOGA) dan P4 : (UMB + 3,2% TOGA). Metode yang dilakukan pada penelitian ini yaitu menyiapkan bahan baku pakan penyusun UMB. mecetak semua bahan yang telah tercampur ke catakan paralon kemudian keringkan di bawah sinar matahari sampai mengeras. Tahap analisis yang dilakukan antara lain pengambilan data aroma, tekstur dan warna dengan menggunakan bantuan 20 orang panelis semi terlatih. Sedangkan penilaian kekerasan UMB dilakukan secara manual dan subjektif dengan menekan UMB menggunakan ibu jari tangan. Data yang telah didapat dari hasil kuesioner (aroma, warna dan tekstur) diuji menggunakan analisis ragam (Anova) dan apabila menunjukan hasil yang berpengaruh nyata maka dilanjutkan dengan uji Duncan. Sedangkan hasil uji kekerasan dibahas secara deskriptif. Analisis ragam statistik menunjukkan bahwa UMB yang ditambahkan TOGA berpengaruh nyata (p<0,05) terhadap aroma, warna dan tekstur. Tetapi pada uji jarak Duncan hanya warna yang berbeda nyata (p<0,05) dari pada parameter lain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian beberapa level TOGA (0,8%,1,6%,2,4%,3,2%) dapat mempengaruhi aroma, warna, tektur dan kekerasan UMB tetapi tidak berbeda pada tiap perlakuan kecuali warna. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu perlu adanya level TOGA yang lebih optimal agar dapat diterapkan langsung mengetahui pengaruh terhadap performan ternak ruminansia.

References

Focus. 2005. International Focus Information Centre For Small Scale Farmers in Asia: Philippines Council for Agriculture, Forestry and Natural Resources and Development (PCARRD) Los Banus, Laguna, 4030 The Philippines.

Larangahen, A., B. Bagau, M. R. Imbar, H. Liwe. 2017. Pengaruh Penambahan Molases Terhadap Kualitas Fisik Dan Kimia Silase Kulit Pisang Sepatu (Mussa paradisiaca formatypica). Jurnal Zootek. 37(1):157-166.

Midayanto, D. dan S. Yuwono. 2014. Penentuan atribut mutu tekstur tahu untuk direkomendasikan sebagai syarat tambahan dalam standar nasional indonesia. J. Pangan dan Agroindustri. 2(4) : 259-267.

Mohammed, I.., Baulube, M., Adeyinka, I.., 2007. Multi-nutrient Blocks I: Formulation and Production under a Semi-arid Environment of North East Nigeria. J. Biol. Sci. 7, 389–392.

Mubi AA, Kibon A. Mohammed D. 2013. For mulation and Produc tion of Multinutrient Blocks for Ruminants in The Guinea Savanna Region of Nigeria. Agric Biol J N Am 4(3): 205-215.

Nista D, Natalia H, Taufik A. 2010. Teknologi Pengolahan Pakan. Palembang. Direktorat Jendral Bina Produksi Peternakan. Hlm. 2-3

Oshibealand, A., Wan, M., 1998. Production of Urea Molasses Blocks for Ruminant Animals in Malaysia. JIRCAS J. 20, 11–20.

Sri, H. 2017. Mutu dan Uji Inderawi. Instiper Yogyakarta, Yogyakarta.

Tensiska., Nurhadi, B., dan Isfron, A.F. 2012. Kestabilan Warna Kurkumin Terenkapsulasi Dari Kunyit (Curcuma Domestica Val.) Dalam Minuman Ringan Dan Jelly Pada Berbagai Kondisi Penyimpanan. Bionatura-Jurnal Ilmu-ilmu Hayati dan Fisik. 14(3): 198 - 206.

Utama, C. S., B. Sulistiyanto dan R. D. Rahmawati. 2020. Kualitas Fisik Organoleptis, Hardness Dan Kadar Air Pada Berbagai Pakan Ternak Bentuk Pellet. Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah. 18 (1):43-53

Van Soest PJ. 2006. Rice straw the role of silica and treatment to improve quality. J Anim Feed Sci Tech 130: 137-171.

Yanuartono, Indarjulianto S, Purnamaningsih H, Raharjo S. 2014. Evaluasi Klinis dan Laboratoris pada Kejadian Sapi Ambruk Tahun I. Laporan Penelitian. Yogyakarta. Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi (PUPT), Universitas Gadjah Mada. Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Downloads

Published

2024-07-27

How to Cite

Yusuf, D., lestari, W. meika, Hutabarat, A. L. R., & Hidayat, R. (2024). Pengaruh Penambahan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Pada Level Yang Berbeda Terhadap Kualitas Fisik Urea Molases Blok (UMB). Jurnal Peternakan Borneo, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.34128/jpb.v3i1.29